Jumat, 17 Desember 2010

Percakapan Tentang Natal

Malam ini, ketika gw lg nyortir baju2 bekas, ada tmn ngeliat dan terjadi percapakan ttg agama. anehnya akhir2 ini gw sering terlibat dlm percakapan ttg agama dgn org2.

Anggaplah namanya si X, org ini suka bicara ttg agama, mgkn seperti berkotbah ttg kitab suci dan semacamnya. cukup nyambung karena kitab sucinya sama dengan gw, hanya agamanya yang berbeda. Jujur, gw sering menghindari percakapan dgn dia, karena gw menghindari perdebatan agama yg jelas ga akan ada habisnya. Dan dia malah melihat gw yg menghindar itu sbg ciri org yg tdk taat beragama. Yah, mgkn di agamanya dan penilaiannya itu salah satu ciri org taat beragama adalah sering melakukan pembicaraan religius, sering membawa nama Tuhan dan semacemnyalah. Tapi overall, dia melihat kl org seperti gw bukan seorang yg cukup taat (remind me with someone who said the same thing). Terlepas dari benar atau tidak, menilai org seperti itu menurut gw salah, He acts like God yang bisa menilai ketaatan seseorang.

Garis besar percakapannya seperti ini:
X: buat apa mas barang2 itu?

A: ini barang2 buat disumbangin, gw pake alamat kosan buat jadi tmpt pengumpulan baju bekas.

X: wah, lo ternyata org yg cukup peduli juga ya.

A: yah, kl bs bantu kenapa ngga? cuma nyediain waktu bbrp jam dlm seminggu apa susahnya. gw pny cukup rejeki, udah buat seneng2 juga sampe bs nonton bola di senayan, masa nyempetin dan keluarin uang buat gini aja ga bisa sih?

X: hmmm. ini cukup merubah pandangan gw ke lo.

A:(agak kesel tp ditahan) gw melakukan ini bukan buat ngerubah pandangan org. bantu org ya yg penting org yg dibantu dpt pertolongan, apa urusannya dgn org lain?

X: btw buat Natal udah mempersiapkan apa aja ni? udah beli apa aja?

A: kebetulan br bbrp hari kmrn gw abis ngbrl sama org ttg arti Natal. utk kali ini, gw mencoba bertindak sbg seorang pemberi, bukan pengkonsumsi. Natal emg identik dgn baju baru dan segala sesuatu yg baru, tapi apakah harus beli baju baru? siapa yg bilang begitu?

X: memang ga ada yg bilang dan ngatur ttg itu. tapi utk menyambut kedatangan Sang Penyelamat, kita hrs mempersiapkan diri, menjadi seorang yang baru. masa lo menyambut Dia dgn keadaan lo yg sama seperti sebelum2nya?

A: gw setuju kl hrs mempersiapkan, oleh karena itu ada yg namanya masa Advent. banyak musibah yang sangat parah dalam jangka waktu yg tidak lama sblm Advent. gw ngeliat itu sbg hal utk mengingatkan kita dlm masa Advent supaya menjadi lbh peduli dgn org lain. makanya daripada gw beli ini itu, memanjakan diri, merayakan Natal besar2an dan buang waktu buat senang2, kenapa ga menyempatkan waktu dan menggunakan uang kita utk membantu org yg jelas di depan mata lg kesusahan? apa mereka bisa merayakan Natal dgn keadaannya yg seperti itu?

X: menurut lo, org yg ga berpikir begitu apakah salah? apakah di agama lo memang diajarkan begitu?

A: org merayakan Natal dgn caranya masing2, selama tdk merugikan org lain dan tidak melanggar ajaran agama, sah2 saja kan. apakah cara berpikir gw salah? (gw pgn balik nanya: "apakah di agama lo ga diajarkan utk peduli dgn sesama? kenapa sebuta dan secuek itu si dgn sekitarmu dan cm mikir diri sendiri doang? lo bnyk cuap2 religius emg ud melakukan apa sih?" tp ditahan lg krn itu namanya menjudge perbuatan dan agama org. kl gw ngmg gitu berarti salah besar)

X: ga salah kalo menurut gw. gmn cara lo bersikap utk peduli dgn sesama itu? kl gw boleh tau, atas dasar apa lo bisa bersikap gt?

A: ada ajaran utk mencintai sesama seperti mencintai dirimu sendiri, dan cara yg gw pikirkan dan lakukan adalah posisikan diri kita jadi dia. apakah yg kita harapkan apabila tertimpa musibah itu? nah, apa yg diharapkan itulah yang berusaha utk kita lakukan. menurut lo ajaran itu penting ga?

X: penting, karena itu salah satu dari ajaran utama. (trus pergi)

1 komentar: